Ads Top

Kopi Torata Produk Komoditi Lokal Sigi


Biji kopi asal Kabupaten Sigi Provinsi Selawesi Tengah menjadi salah komoditi unggulan daerah, yang saat ini terus dipromosikan secara nasional bahkan ke mancanegara. Kopi Torata yang diproduksi oleh Fajry Jaya Coffee, menjadi salah satu produknya yang mengemas hasil olahan biji kopi tersebut.

Kopi kami disuplai dari daerah Palolo – Sigi. Dimulai pada Maret 2016 lalu, kami melihat peluang untuk mengolah biji kopi itu dalam bentuk kemasan. Kami menargetkan pasar pariwisata, dengan mendistribusikan ke sejumlah tempat penjualan ole-ole khas daerah, seperti di swalayan bandara, dan toko-toko khusus produk lokal, ungkap Moh. Fajry selaku pemilik Kopi Terata, yang beralamat di Jalan Palu Bangga – Sigi, Sulawesi Tengah.

Selama ini dalam per bulan, Fajry memproduksi Kopi kemasannya rata-rata sebanyak 300 bungkus atau 15 Kilogram biji kopi, dengan kemasan jualan per 100gram seharga Rp. 8.500,-. Penjualan setiap bulannya mencapai 200an kemasan dengan pendapatan sekitar 2jutaan.

Ia juga menyayangkan pengerjaannya masih menggunakan sistem manual. Saat ini mesin yang digunakan hanya untuk menggiling biji kopi yang ia dapatkan sebagai bantuan dari pihak pemerintah, sementara proses lainnya seperti menyangrai dan mengayak masih dikerjakan secara manual tanpa mesin.

Kami masih membutuhkan dukungan dari berbagai pihak untuk mengembangkan usaha ini, dan dapat mempromosikan produk kopi lokal Sulawesi Tengah yang juga memiliki kualitas, ujar Fajry, Selasa (23/5/2017).

Ia juga menambahkan bahwa kendala krusial yang dialami biasanya pada keterlambatan waktu pemasaran, seharusnya dalam seminggu bisa melakukan produksi secara terus-menerus, namun itu dilakukan kalau dari target pemasaran telah tercapai. Padahal pihaknya juga terus melakukan promosi dan penyaluran di berbagai tempat jualan, baik yang secara offline maupun online.

Harapannya produk kami bisa dikenal secara nasional bahkan di luar Indonesia, karena biji kopi yang digunakan ini sebelumnya sudah pernah dikenal mancanegara, khususnya di Belanda. Ciri khas dari kopi ini, yaitu kekentalannya yang berbeda daripada kopi lainnya. Ungkapnya.

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.