Ads Top

Distrik Ini Payah! Kota Palu Krisis Listrik

Perusahaan Listrik Negara (PLN) PAYAAAHHH..!!! PLN area Kota Palu memang payah. Mohon maaf saya langsung saja berkata seperti itu, dan keadaannya memang begitu. Pemadaman listrik masih sering terjadi hampir di setiap waktu, sekalipun tidak menentu. Alasannnya biasa, mulai dari kurangnya pasokan batu bara, kerusakan teknis yang dikelola, sampai pada gangguan mesin secara tiba-tiba. Kalau kata tanggapan orang pasrah, "memang dari dulu sudah begitu coy!".

Tulisan ini saya dedikasikan kepada Kota Palu tersayang, dan sayang ada masalah pada listrik. Saya harap Walikota Palu tidak membaca tulisan yang tidak penting ini. Supaya saya bisa bilang, Kota ini payah karena tidak sigap mengatasi krisis listrik yang dari zaman saya masih ngompol. Saking seringnya pemadaman listrik, Palu berasa jadi seperti distrik. 
Lanjut. Jadi, apalah Kota Palu?! Listriknya mengalir seperti dari keran macet. Jika ada yang berani pegang-pegang pasti akan kesetrum. Mungkin itu akibat antrian proyek, dan air kerannya jadi macet. Tau ah! Percayalah itu urusan walikota. Dia pasti tau. Kasihan, aktivitas pemadaman listrik sudah terlalu berlarut-larut dibiarkan. Candu

Berikut ini adalah sebuah cerita sehari-hari:  
“Eh, di rumahmu mati lampu (baca: pemadaman listrik)?!”.
“Iyo dari tadi sore. Pasti di situ juga”.
“Hahaha.. Kasian ya, saya di mall ini. Di sini tidak mati lampu”.

Keesokan harinya.
“Ahhh.... Sial! Mati lampu. Ada pemadaman bergilirkah?". Suasana hening sembari mengoceh kecil-kecilan. Kejengkelan disahut oleh kebijaksanaan dalam hati. "tunggu sajalah sampai listriknya dinyalakan". Listrik menyala 5 Jam kemudian. Nah! Itukan, listriknya sudah menyala”.

Apakah kita sering tahu alasan setiap adanya pemadaman listrik?? Tentunya sangat jarang. Dan seharusnya informasi masalah disampaikan ke para warga sebagai sebuah pelayanan dari pihak Perusahaan Listrik Negara. Atau mungkin informasi pemadaman listrik hanya diketahui oleh para “pekerja” dalam PLN itu saja?! Entahlah, pekerja yang seperti apa mereka itu.

Demikian catatan pemadaman listrik ini sebagai refleksi kita, selaku para warga Kota Palu. Beruntunglah di akhir pekan, khususnya malam minggu, kita para warga masih bisa menikmati hiburan kota. Iya kota, bukan distrik. Karena di tempat-tempat perbelanjaan, listriknya terus menyala. Berlakulah pajak istimewa. Dan harapan kecil saya, semoga pembangunan yang banyak terencana seperti mall, hotel, ruko, bioskop, diskotik atau apalah itu dapat menunjang ketentraman listrik di Kota Palu. Sepakat?!

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.