[Tinjauan Literatur] Media & Society – Critical Perspectives (Graeme Burton, 2015) - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, Oktober 03, 2017

[Tinjauan Literatur] Media & Society – Critical Perspectives (Graeme Burton, 2015)


Masyarakat dan media terhubung dalam sebuah perubahan sosial. Dalam pandangan secara holistik dan dinamis, hubungan tersebut dapat dipahami dengan mengulik studi media dan budaya yang terus mengalami perkembangan. Penjelasan Graeme Buton dalam bukunya berjudul Media and Society- Critical perspectives (2015), bahwa media ada dalam hubungan yang berkembang dan saling bertentangan dengan khalayak dan institusi negara. Graeme menyajikan berbagai pandangan dan perdebatan tentang media yang memiliki hubungan dinamis dengan masyarakaat karena berkembang dan berubah. 

Sementara itu terdapat posisi kritis yang berbeda untuk hidup berdampingan bersama media, sehingga memunculkan sikap skeptis terhadap motif dan perilaku institusi media yang sangat kuat dalam pengendalian ekonomi dan politik. Graeme menjelaskan berbagai perspektif kritis terhadap hubungan media dan masyarakat, seperti kekuasaan institusi media, fitur dan dekonstruksi teks media, kekerasan, budaya populer, media dan teknologi baru, dan globalisasi yang dilakukan berasaskan hegemoni media. Audiens dan masyarakat perlu melawan kekuatan komoditi media karena telah membentuk budaya yang dipaksakan kepada khalayak. Dengan mengambil perspektif secara kritis bahwa hal terpenting yaitu memahami institusi media.

Industri media menjadi sebuah produsen budaya di tengah masyarakat yang terkonstruksi dari berbagai teks dan makna. Dalam studi Graeme yang berfokus melihat gagasan tentang ideologi, wacana, hegemoni, mitologi, mengatakan adanya sebuah hidup yang terkonstruksi dari kekuasaan media global. Hal terseut tentunya didasari oleh kekuatan dari makna apa yang kita lakukan dengan mereka, sehingga membentuk hubungan, pengaruh, realitas model, bahkan menghasilkan perilaku dominasi dan perasaan subordinasi. Jadi konsep utama media dan masyarakat dapat dikatakan berada dalam jaringan hubungan satu sama lain.

Teks media penuh dengan representasi. Eksistensi industri media memproduksi representasi dari gagasan penguasa yang kemudian memiliki nilai pertukaran material. Dalam model dinamis, ini terus berkembang, bergeser dan bergerak dalam bentuk globalisasi, di mana media terus menghasilkan, menggabungkan, mengulangi gagasan, bahkan menjadi sebuah perdagangan.

Perspektif kritis terhadap media diambil dari pandangan holistik mengenai gagasan besar tentang hubungan antara media dan diri kita sendiri yang terhubung di jalan kapitalis. Faktor ekonomi mendominasi institusi media, terutama di mana-mana terjadi pemasaran. Kemampuan bersaing antar media, persaingan dan nilai pasar lainnya mendorong produksi teks dan perilaku media dikonstruksikan agar meluas sehingga menjadi aktifitas yang kita sebut globalisasi.

Sementara itu dalam perkembangan teknologi media juga menggiring budaya massa yang dikonstruksi atas kebaruan sebuah perangkat informasi untuk digunakan oleh masyarakat. Hal itupun mendorong media untuk mengkonstruksi teks sesuai kepentingan ekonomi dan politik yang ingin dicapai. Dengan demikian dalam ruang lingkup hubungan media dan masyarakat telah mengalami keberpihakan kepentingan di masyarakat karena biasnya pemahaman terhadap kegiatan yang berkaitan dengan informasi.
***

CONTENT
Media institutions:
o   Key areas and their implications for understanding media
Media texts:
o   Features and deconstructions
Audiences and effects:
o   Defining audiences and exploring their relationship with texts
The media and violence:
o   Questioning violence: problems with measuring effects
Women’s magazines:
o   Manufacturing a gendered space: questions of guilt and pleasure
Popular music:
o   Questioning the popular, questioning control, questioning the global
Approaches to film:
o   The missing british film industry: audiences, gazing and meanings
The media and new technology:
o   The effects and implications of technologies for the media and their consumption
Advertising:
o   Its relationship with the media audience: the consequences for society and culture
Television soaps:
o   The question of the gendered audience: the nature of soap operas: the effects of soaps on tv drama
News:
o   Different kinds of news: constructing the world
Sport and representation:
o   Media making meanings about sport: sport making meanings about ideology, race and gender
Globalization and the media:
o   Questions of power and of cultural exchange

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad