Innovation & Enterpreneurship: Pulsk Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Startup Media Sosial di Indonesia - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Selasa, September 26, 2017

Innovation & Enterpreneurship: Pulsk Menduduki Peringkat Teratas Sebagai Startup Media Sosial di Indonesia

Bagan 1: Tampilan Halaman Situs Web PULSK.COM
Kemunculan PULSK menjadi fenomenal setelah beberapa minggu dirilis pada September 2012, yang kemudian meraih penghargaan sebagai pemenang Sparxup Award 2012 dalam kategori portal internet/mobile. Dengan memiliki konsep gabungan dari platform atau kanal media sosial terdahulu, yaitu 9GAG dan PINTEREST, ternyata PULSK mampu menghasilkan inovasinya untuk menyasar segmentasi pengguna anak muda lokal melalui konten-konten menarik, menyenangkan dan menghibur. Saat ini PULSK menduduki peringkat teratas sebagai startup media sosial Indonesia, atau 10 besar peringkat startup dari berbagai kategori secara lokal berdasarkan penilaian dari situs startupranking.com

PULSK adalah Majalah Dinding virtual asli Indonesia yang memungkinkan user atau penggunaanya berbagi serta mendapatkan informasi & fakta paling WOW berupa gambar, video, artikel dan yang pasti 100% karya Anak Bangsa, yang dikembangkan oleh sebuah tim kecil beranggotakan Rendy Bryanzah sebagai product engineer, Irwan Fahmy sebagai bussiness development, Ardian Trimurti sebagai UI designer dan Rizwan Raiz sebagai art director. Walaupun pertama kali muncul dalam Beta Version, namun PULSK berhasil menarik lebih dari 15.000 pengguna terdaftar dan lebih dari 20.000 konten dalam bentuk artikel, gambar, dan video. Hal tersebut telah memperlihatkan bahwa PULSK memiliki nilai tersendiri melalui inovasi dan usaha yang dilakukan, sehingga perlu meninjau bagaimana penerapan strategi bisnis dalam perusahaannya.

Terdapat berbagai macam merek produk menjalankan kegiatan bisnis dengan beragam bentuk strategi sesuai tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaannya masing-masing. Strategi merupakan suatu rangkaian tindakan yang diarahkan pada tujuan tertentu untuk mendapatkan dan mempertahankan kinerja terbaik dari yang lainnya. Pada pelaksananannya, tentu memerlukan manajemen strategi integratif dalam menggabungkan analisis, perumusan dan implementasi.

Dalam situasi apapun, strategi yang baik memungkinkan perusahaan mencapai kinerja yang lebih baik. Menurut Frank T. Rothaermel dalam bukunya berjudul “Strategic Management” (Third Edition-2017), strategi yang baik terdiri dari tiga elemen, yaitu; (1) The competitive challenge. Diagnosis tantangan persaingan. Elemen ini dilakukan melalui analisis lingkungan eksternal dan internal perusahaan. (2) A guiding policy. Arahan kebijakan untuk mengatasi tantangan persaingan. Unsur ini dicapai melalui perumusan strategi, yang menghasilkan strategi perusahaan, bisnis, dan fungsional perusahaan. (3) Coherent Actions. Mengatur tindakan yang koheren untuk menerapkan kebijakan panduan perusahaan. Unsur ini dicapai melalui implementasi strategi.

Bagan 2: PULSK’s Traffic (September 2017)
Frank T. Rothaermel juga mengkategorikan formulasi strategi bisnis, strategi perusahaan, dan strategi global. Meninjau strategi pada produk atau merek tertentu, Innovation & Enterpreneurship merupakan salah satu strategi bisnis yang memiliki keterkaitan dengan startup atau bisnis baru. Dalam hal ini PULSK sebagai startup kanal media sosial akan ditinjau penerapan strategi bisnisnya dalam bentuk Innovation & Enterpreneurship.

Innovation & Enterpreneurship menjadi strategi yang tren digunakan saat ini untuk menumbuhkembangkan kegiatan ekonomi kreatif Indonesia, khususnya pada bisnis baru atau startup yang banyak digeluti oleh generasi muda. Strategi ini berbekal ide awal serta gagasan konseptual yang dikemas menjadi sebuah produk bisnis dengan sentuhan teknologi mutakhir. Startup terus bertumbuh pesat di era informasi saat ini, dengan memunculkan berbagai produk-produk kreatif yang banyak mengintegrasikan berbagai hal dalam memenuhi kebutuhan.

Inovasi merupakan pengendalian yang hebat dalam proses kompetisi bisnis kreatif. Bisnis yang kompetitif berarti menjalankan sebuah proses “perennial gale of creative destruction” atau suatu upaya dalam menciptakan keunggulan yang kreatif untuk menjadi keuntungan dalam berkompetisi bagi perusahaan. Keunggulan tersebut ditujukan agar perusahaan mampu mendobrak pasar dan bisa menjadi market leader. PULSK sebagai produk baru telah berupaya mengukuhkan keunggulannya sebagai kanal media sosial Indonesia dengan konten yang menarik, namun pada proses pengembangan strategi bisnisnya terbilang cukup lamban sementara secara teknis PULSK berada di tahap kedua, yaitu growth atau pertumbuhan setelah berhasil melewati tahap pertama dengan pengenalan dan portofolio yang dapat dikatakan sangat baik.

Terdapat business stages atau tahapan strategi bisnis dalam innovation & enterpreneurship, yaitu; Introduction, growth, shakeout, maturity, and decline. Menarik banyak pengunjung di awal perilisannya, menandakan bahwa PULSK segera memasuki tahap peralihan dari Introduction menuju growth yang masih perlu untuk terus melakukan berbagai riset, seperti mengembangkan fitur yang sudah ada ataupun menambahkan sebuah fitur baru dan sebagainya.

Melihat secara umum, inovasi menggambarkan penemuan, pengembangan, dan transformasi pengetahuan baru melalui proses empat langkah, yaitu gagasan (Idea), penemuan/rekaan (Invention), pembaruan/perubahan (Innovation), and peniruan (Imitation). Dengan demikian keberadaan informasi yang melimpah bersamaan dengan fasilitas teknologi yang memadai, dapat menunjang PULSK untuk berinovasi dalam mengembangkan strategi bisnisnya.

Bagan 3: PULSK's Traffic
Selain meningkatkan pengalaman dan tampilan pengguna, pengembangan perlu memperhatikan berbagai aspek sesuai tahap proses bisnis yang dijalankan. Sebagai Enterpreneurship atau kewirausahaan juga memerlukan strategi untuk terus membangun dan mempertahankan loyalitas komunitas yang menjadi pengisi konten-kontennya. Komunitas ini layaknya sebuah mesin yang menjalankan sebuah situs dengan konsep user-generated content, sehingga juga diperlukan perawatan komunitas untuk tetap menjaga eksistensi dan produktifitasnya bersama PULSK.

Enterpreneurship menggambarkan proses dimana pelaku bisnis juga dikatakan sebagai agen perubahan dengan melakukan risiko ekonomi untuk berinovasi dengan menciptakan produk, proses, dan organisasi baru. Enterpreneur atau pelaku bisnis akan berinovasi dengan mengkomersilkan gagasan dan penemuannya melalui proses pencarian atau penciptaan peluang bisnis baru yang kemudian mengumpulkan sumber daya sesuai kebetuhannya menjalan bisnis tersebut.
Sementara itu proses enterpreneurship tidak hanya mendorong kompetisi berbisnis, tapi juga menciptakan nilai wirausaha dan ekonomi masyarakat secara luas. Meskipun banyak pelaku bisnis yang gagal dalam kewirausahaan maupun inovasi produknya, tetapi beberapa diantaranya pun dapat mencapai kesuksesan yang spektakuler.

Bagan 4:  internetlivestats.com

Menyesuaikan dengan kondisi Indonesia saat ini, bahwa bisnis yang bersentuhan dengan perangkat teknologi informasi memungkinkan memiliki peluang besar dalam menyasar market lokal. Berdasarkan data dari internetlivestats.com, pengguna internet di Indonesia mencapai 53.236.719 user dari jumlah populasi masyarakat Indonesia sebanyak 260.581.100. Walaupun Indonesia tidak termasuk dalam 10 besar negara dengan pengguna internet terbanyak di dunia, tetapi dalam beberapa tahun ke depan tidak dapat sangkal pula penggunaan internet akan terus bertambah.

Di sisi lain, menurut techinasia.com tahun ini kemunculan startup ternyata mengalami penurunan 23% dibanding tahun sebelumnya. Hal tersebut diakibatkan oleh rendahnya minat serta pendanaan dari investor, sehingga diprediksi beberapa startup menjadi lesuh bahkan mulai tutup atau akan mengubah model bisnisnya di tahun ini. Dengan demikian diperlukan introspeksi antar startup lokal yang semestinya bukan hanya berkompetisi melainkan juga berkolaborasi dalam pengembangan bisnisnya. Selain itu produk startup tahun ini telah didominasi oleh sektor e-commerce dan fintech, dengan demikian, Eksistensi PULSK yang hadir dari sebuah kompetisi startup media baru memiliki peluang market melalui konten-konten lokalannya, kemungkinan bisa melakukan kombinasi dan kolaborasi kebutuhan dari startup lokal lain dalam mengembangkan bisnisnya.

Inovasi membentuk dinamika persaingan dan menjadi suatu komponen penting dalam merumuskan strategi bisnis yang dapat memanfaatkan keunggulan kompetitif. Dikatakan oleh Frank T. Rothaermel bahwa sebagian besar inovasi sebenarnya bersifat inkremental. Inovasi inkremental secara tepat dibangun berdasarkan basis pengetahuan yang mapan dan meningkatkan penawaran produk atau layanan yang ada. Hal ini berarti dapat menargetkan pasar yang ada menggunakan teknologi yang ada. Selain itu terdapat pula inovasi radikal yang mengacu pada metode atau bahan baru, berasal dari basis pengetahuan yang sama sekali berbeda atau dari rekombinasi basis pengetahuan yang ada dengan aliran pengetahuan baru. Hal ini menargetkan pasar baru dengan menggunakan teknologi baru.

Bagan 5: Startup Ranking (http://www.startupranking.com/top/indonesia)
Sebuah pola inovasi selanjutnya dapat diprediksi oleh PULSK dengan menciptakan keunggulan kompetitif sementara, yang kemudian menindaklanjuti serangkaian inovasi inkremental untuk mempertahankan keunggulan awalnya. Dalam beberapa kasus, inovator akan bersaing dengan cepat mengenalkan inovasi inkrementalnya untuk terus meningkatkan penawaran mereka sendiri. Sebagai contoh, meskipun CNN adalah pelopor berita saluran TV 24 jam, namun hari ini Fox News adalah jaringan berita saluran TV yang paling banyak ditonton di Amerika Serikat. Begitu perusahaan telah mencapai penerimaan pasar atas inovasi terobosan, mereka cenderung menindaklanjuti inovasi inkremental dan bukan radikal. Seiring berjalannya waktu, perusahaan-perusahaan ini berubah menjadi perusahaan mapan industri. Inovasi radikal masa depan umumnya diperkenalkan oleh kewirausahaan baru, dengan alasan menyangkut insentif ekonomi, inersia organisasi, dan keterpaduan perusahaan dalam ekosistem inovasi.

PULSK sebagai platform media sosial buatan lokal tentunya terlibat dalam kompetisi yang sangat ketat dalam bisnis teknologi infomasi dan dunia digital. Inovasi menjadi kunci utamanya, kesuksesan inovasi memberi peluang bagi perusahaan dalam memonopoli bisnisnya dengan kekuatan nilai yang dimiliki. Inovasi terus-menerus memicu kesuksesan perusahaan, sedangkan pengusahanya merupakan agen yang dapat memperkenalkan perubahan ke dalam sistem persaingan. Melakukan usaha yang tidak hanya dengan memikirkan bagaimana menggunakan penemuan, tetapi juga dengan mengenalkan produk atau layanan baru, proses produksi baru, bahkan bentuk organisasi baru. Pengusaha sering memulai usaha baru, tapi mungkin juga ditemukan di perusahaan yang sudah ada, sehingga model siklus industri dan kerangka cross-the-chasm memiliki implikasi penting untuk dapat mengelola inovasi. Dalam hal ini perumusan strategi bisnis yang secara spesifik sangat diperlukan untuk memastikan dapat memenuhi kebutuhan dari perusahaan.

***
References:
- Textbook: Strategic Management (Rothaermel, 2015)
- Dailysocial
- Techinasia
- Startupbisnis.com
- Internetlivestats.com
- Startupranking.com
- Pulsk.com

(*) Tulisan ini dibuat sebagai tugas kuliah mengenai New Media & Integrated Marketing Communication

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad