Serunya Mendengar Aksen Kaili Bertutur Kata - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Kamis, Mei 03, 2018

Serunya Mendengar Aksen Kaili Bertutur Kata


Kailinese Accent (logat/aksen kaili) mungkin sangat jarang terdengar di telinga banyak orang. Kaili merupakan salah satu suku bangsa yang berada di Provinsi Sulawesi Tengah, sebagian besar orang kaili mendiami daerah Ibukota Palu, Kabupaten Sigi, dan Donggala. Bahasa Kaili memiliki karakter serta keunikan tersendiri, salah satunya seperti huruf "V" yang diucapkan dengan penuh penekanan, sama halnya dalam bahasa Inggris (contoh: Very, Victorious, dan sebagainya), begitu pun dalam bahasa Kaili (contoh: Vau, Taveve, dan sebagainya)

Aksen bahasa Kaili sangat melekat dalam keseharian bertutur masyarakatnya, walaupun juga sebagian masyarakat di Kota Palu banyak yang tidak pandai berbahasa daerah. Meskipun demikian, aksen bahasa Kaili sangatlah memikat dengan intonasinya, namun padanan kata perkata bahasa Indonesia yang dituturkan mungkin terdengar asing karena terdapat kata-kata yang diserap secara tak baku sehingga berbeda dari Bahasa Indonesia aslinya. 

Tanpa panjang lebar menjelaskan, berikut ini salah satu contoh aksen Bahasa Kaili yang dituturkan seorang warga asli Palu ketika diwawancarai secara spontan oleh Media CNN terkait Berita Hiu Tutul yang terdampar.


1 komentar:

  1. Dear brides and grooms to be 
    Salam hangat dari HIS Seskoad Grand Ballroom Bandung.
    Kami dengan bangga mempersembahkan venue terbaru kami yaitu “HIS Seskoad Grand Ballroom”, Gedung seskoad yang berletak strategis nan mewah yang menjadi favorit para calon pengantin ini kini berada di naungan HIS, untuk itu fasilitas yang terdapat di gedung seskoad grand ballroom kini berstandard seperti gedung HIS lainnya, “Ballroom full karpet eksklusif, AC, Lampu Kristal, dan design ruangan yang elegan&mewah”. Selain gedung, kami juga bekerjasama dengan banyak pilihan vendor ternama di Bandung, mulai dari catering, busana&MUA, dekorasi, music&entertaiment, fotografi&videografi, MC, wedding car, hingga pelayanan yang kami miliki untuk membantu calon pengantin dari awal sampai akhir yaitu, Wedding Public Relations, Wedding Planner, dan Wedding Executor. Dengan sistem “One Stop Wedding Service”, Kami pastikan akan memberikan pelayanan terbaik di hari Bahagia akang teteh 
    Untuk itu kami mengundang akang teteh calon pengantin, untuk datang ke pre-launching HIS Seskoad Grand Ballroom kami, dan segera dapatkan HARGA PRE-LAUNCHING yang pasti akan sangat worth it dengan fasilitas dan pelayanan yang kami berikan serta BONUS FANTASTIS! untuk akang teteh calon pengantin Cuma di HIS SESKOAD GRAND BALLROOM.

    BOOKING FEE ONLY RP. 5000.000
    For more info and detail call :
    Wedding Public Relations HIS Seskoad Grand Ballroom
    Jl. Gatot Subroto No. 96 Bandung.
    GIYANTI : 082261170022 (WA)
    INSTAGRAM : @his_seskoad @giyanti.hisseskoad

    See u brides and grooms to be!
    -HIS Wedding Venue Organizer-

    BalasHapus

Post Top Ad