Mubes Forum Mahasiswa Membentuk PERMUDA Sulteng Jabodetabek - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, Desember 06, 2017

Mubes Forum Mahasiswa Membentuk PERMUDA Sulteng Jabodetabek


Forum Mahasiswa Rantau Sulawesi Tengah (Sulteng) menggelar Musyawarah Besar (Mubes) pembentukan organisasi kedaerahan dalam cakupan wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari, pada tanggal 1-3 Desember 2017, di Aula VIP Sekolah Tinggi Perikanan, Jakarta.

Pelaksanaan Mubes ini dihadiri sejumlah pemuda dan mahasiswa perantau yang berada di Jabodetabek. Selain itu juga turut mengundang Organisasi lainnya, seperti Ikatan Wanita Sulawesi Tengah (Iwastah) Jabodetabek, Ikatan Pemuda Pelajar Mahasiswa Sulawesi Tengah (IPPMST) Malang, Himpunan Pelajar Mahasiswa Indonesia Gorontalo (HPMIG) Jakarta, Ikatan Mahasiswa (IMA) Sulteng - Makassar, dan lainnya.

Dalam acara ini pun turut hadir Muhammad Nurul Haq selaku ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sulteng yang menyempatkan waktunya membuka acara. Ia menyampaikan bahwa terlaksananya kegiatan ini merupakan kesempatan bagi para pemuda dan mahasiswa yang berada di Jabodetabek untuk dapat berkegiatan bersama-sama membangun daerah, berkolaborasi serta mempererat silaturahmi.

"Kegiatan saat ini bukanlah menjadi hal terpenting karena baru menjadi langkah awalnya. Namun yang paling penting yaitu bagaimana menjalankan organisasi dan kegiatan-kegiatan selanjutnya yang bermanfaat untuk banyak hal", ujarnya.

Eksistensi kegiatan anak muda Sulawesi Tengah dalam perantauan nampaknya jauh dari optimisme kearifan daerah asalnya. Padahal, carut-marut globalisasi saat ini terus mengkaburkan identitas kedaerahan sehingga diperlukan pula kegiatan yang dapat menampik kepicikan dari globalisasi itu sendiri.

Sementara itu kontribusi dan kolaborasi juga seakan menjadi momok oleh kebanyakan anak muda rantau, sehingga nampak menjadi tabu untuk menggagas kegiatan kedaerahan, yang paling tidak dapat menjalin silaturahmi serta membangun nilai-nilai persaudaraan dan persatuan daerah.

Merespon hal tersebut, Forum Mahasiswa Rantau Sulteng yang telah dibentuk sebagai wadah komunikasi pemuda-pelajar mahasiswa di Jabodetabek, berinisiatif menggelar kegiatan musyawarah besar (Mubes) untuk pembentukan organisasi daerah Sulawesi Tengah yang berbasis jejaring kepemudaan dan kemahasiswaan wilayah Jabodetabek.

Hasil Mubes yang berlangsung selama tiga hari itu pun menetapkan nama organisasi Persatuan Pelajar Mahasiswa dan Pemuda (Permuda) Sulteng-Jabodetabek. Adapun ketua umum terpilih, yaitu Furqan Chaesar Mandala Putra dengan kepengurusan dalam masa periode tahun 2017-2018.

Furqan Chaesar Mandala Putra mengatakan dengan adanya organisasi ini dapat menjadi wadah untuk merangkul dan menghimpun mahasiswa serta anak muda Sulteng yang berada di Jabodetabek untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam berbagai kegiatan. Namun pada dasarnya di awal ini paling tidak kita berupaya menjaga silaturahmi dengan semangat nilai-nilai persaudaraan dan persatuan daerah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad