Ads Top

BRI Palu Gencarkan Penyaluran Dana Kredit 2017


Tercatat pada April 2017, BRI cabang Palu telah menggencarkan penyaluran dana kreditnya, sebesar 196 Miliar untuk kredit produktif dan 2,4 Triliun yang konsumtif.

Manajer Bisnis Mikro BRI cabang Palu, Suwandi menyampaikan bahwa tahun ini terdapat 275 M dana kredit usaha rakyat (KUR), yang pada April 2017 tercatat sebanyak 196 M telah disalurkan. Selain itu untuk dana kredit konsumtif penyalurannya sebanyak 2,4 T. Hal tersebut disampaikan di kantor BRI cabang Palu, pada Selasa (2/5/2017).

Para pelaku bisnis atau usaha yang telah mendapatkan kucuran dana kredit, terdiri dari berbagai sektor, di antaranya pertanian, perindustrian, jasa, perdagangan, dan lainnya. Sebanyak 30 unit segmen terbagi di berbagai wilayah, atau daerah sulawesi tengah, dan khusus di Kota Palu, telah didominasi oleh sektor perdagangan.


Penyaluran kredit usaha secara personal diberikan maksimal 25 juta, dengan syarat memiliki usaha yang sedang berjalan minimal selama 6 bulan dan belum pernah atau tidak sedang mendapatkan pinjaman komersil lain.

“Selama ini tidak ada kendala penyaluran dana kredit, selama masyarakat dapat melengkapi syarat dan ketentuan yang diberlakukan oleh pihak kami”, ujar Suwandi.

Pihak BRI cabang Palu juga melakukan pengawasan atau audit setiap bulannya ke pelaku usaha yang menggunakan dana kredit. Selain itu, pelaku usaha juga diberikan pembinaan langsung, semacam konsultasi mengenai masalah usaha yang dijalankannya.

“Kami turun langsung untuk memastikan bahwa dana kredit yang diberikan ke pelaku usaha ini digunakan sesuai tujuan dan konsep usahanya. Semua segmen yang penting digunakan untuk usaha yang produktif.” Tegasnya.

Saat ini dana KUR lebih menitikberatkan ke kegiatan ekonomi produktif, pertanian, perikanan, yang sifatnya bahwa masyarakat memang membutuhkan permodalan. Sementara untuk penyaluran kredit konsumtif yang memiliki program penurunan suku bunga, kemudahan akses seperti dibebaskannya biaya administrasi, banyak digunakan untuk biaya kebutuhan pribadi.

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.