Ads Top

Workshop dan Seminar Bertema Pengelolaan Jejaring & Pengetahuan Kesenian


Bekerjasama dengan Koalisi Seni Indonesia (KSI), Forum Sudutpandang menggelar Workshop dan Seminar yang bertema "Pengelolaan Jejaring & Pengetahuan Kesenian". Kegiatannya berlangsung pada 6 - 8 Maret 2016, di Hotel Gajah Mada Palu.
 
Pada pelaksanaannya terdapat sejumlah rangkaian materi yang dibahas, seperti Analisa Sosial dan Seni, Roadmap to Biennale, Teknik Menulis Artikel untuk Wiki dan Situs Online, Seminar Setengah Hari Demokrasi, Internet dan Gerakan Anak Muda, serta Kesepakatan Kerjasama Jejaring. Adapun pemateri yang mengisi diantaranya, Aquino Hayunta (KSI), Retha Dungga (KSI), Vicky Rosalina (Pegiat Jakarta Biennale), Hikmat Darmawan (Penulis), dan Damar Juniarto (Founder Alinea TV).

Para peserta yang terdaftar mengikuti kegiatan ini berkisar 30 orang, yang terdiri dari kalangan akademis, pegiat komunitas dan seniman lokal. Antusiasme peserta pun terlihat ditiap materi dengan berbagai pertanyaan dan kecakapannya dalam menyesuaikan setiap pembahasan. Di penghujung waktu kegiatan, para peserta juga diarahkan untuk menyampaikan gagasannya dan mewujudkan kesepakatan kerjasama jejaring. Sehingga hal-hal yang perlu dilakukan saat ini, ialah bagaimana sumber daya yang ada dapat digunakan dan apapun yang bisa dilakukan harus selalu berdasarkan pada inisiatif.


Menutup gagasan di sesi akhir kegiatan, Neni Muhidin, inisiator Perpustakaan Nemubuku juga menyampaikan kalau kita cuma banyak mengeluh orang-orang tidak akan tahu apa yang kita perbuat, ya caranya kita beritahukanlah apa yang kita perbuat. Misalkan ada keluhan bahwa media massa tidak punya ruang untuk melakukan peliputan-peliputan kegiatan kesenian atau kebudayaan, padahal media massa saat ini telah membuka diri ke teman-teman pegiat yang mau mengisi informasi, tapi yang jadi pertanyaannya adalah apakah kita punya nafas panjang untuk melakukan hal-hal itu. Kesulitan terbesarnya ialah mencari teman-teman yang mau menulis. Itu tantangan dan ada dalam diri kita masing-masing.

Pada dasarnya kegiatan yang digelar selama tiga hari oleh KSI dan Sudutpandang, ialah memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan organisasi dengan berbagai macam metode, seperti mengadakan workshop dan seminar sesuai kebutuhan dengan bentuk kerjasama antar komunitas.

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.