Sebuah “Batu Loncatan” Berkesempatan Menjadi Kontributor IK - berandaagung

Breaking

Post Top Ad

Post Top Ad

Rabu, Juli 23, 2014

Sebuah “Batu Loncatan” Berkesempatan Menjadi Kontributor IK

Di awal tahun 2014 saya mendapatkan informasi tentang portal web yang secara terbuka mengundang para pelaku kreatif di Indonesia untuk tergabung dalam sebuah wadah, yang beratasnama Indonesia Kreatif (IK). Menemukan portal web IK menjadi hal yang menarik bagi saya saat itu, seakan-akan mendorong diri saya untuk sekedar mengenal dunia kreatif di ruang khusus itu.


IK adalah sebuah sebuah program flagship yang diluncurkan pemerintah untuk mengembangkan ekonomi kreatif, yang didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia. Dengan meluncurkan portal indonesiakreatif.net yang bertujuan mengaktifasi sinyal kolaborasi antar stakeholder ekonomi kreatif serta menawarkan ruang kepada creative minds untuk saling terhubung dan terlibat langsung dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

Sementara itu, IK juga membuka kesempatan bagi yang berminat ingin berkontribusi pada perkembangan dunia kreatif di Indonesia melalui tulisan dan karyanya, dengan mendaftarkan diri menjadi Kontributor Resmi Indonesia Kreatif. Mengetahui hal itu, saya pun mencoba melibatkan diri dalam program yang ditawarkan, dengan melakukan pendaftaran dan mengikuti berbagai tahapan seleksi yang berlangsung selama dua bulan. Tahapan yang dilalui ialah pendaftaran atau pengisian formulir, menyetorkan karya tulis, melaksanakan masa percobaan liputan, dan kemudian memasuki tahap akhir, yaitu penerimaan sebagai seorang kontributor aktif dengan kontrak selama empat bulan, sampai pada waktu perpanjangannya.

Dalam berbagai tahapan yang saya lalui ternyata menjadi begitu kompleks, mulai dari pendaftaran yang hanya bergegas dari sekedar mencoba-coba, hingga turut serta melaksanakan masa percobaan liputan yang terbilang minimalis, dalam jangka waktu yang saat itu hampir habis. Namun berawal dari hal yang demikian kompleks itulah, sehingga menumbuhkan kesadaran diri saya yang tersistematis untuk mengerjakan sesuatu harus tepat, serta diselami dengan niat dan upaya-upaya untuk mencapai tahap yang memberikan nilai bahwa apapun hasilnya harus dapat diterima.


Namun pada akhirnya, saya pun bisa lolos dengan kode kontributor IK 34 a/n Agung Ramadhan Toana, yang tercatat secara resmi pada 15 Juli 2014. Saya tidak menyangka, dan seperti tidak percaya diri bisa turut mengambil andil dalam memberikan kontribusi untuk Indonesia Kreatif. Keren juga! Tapi, nyatanya inilah tahap percobaan yang sebenarnya penuh pertanggungjawaban. Semoga ini jadi bagian yang bisa memotivasi keteledoran saya di waktu-waktu yang sebelumnya, anggap saja ini sebuah "batu loncatan" dan kesempatan. Terima kasih Indonesia Kreatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad