Transportasi Bus di Kota Palu Sepi Penumpang?


Transportasi umum antar Kota dan Provinsi, bus, saat ini lebih banyak dipenuhi oleh barang daripada penumpang di sejumlah agen yang berada di Kota Palu. Walaupun demikian kegiatan dan jadwalnya pun tetap berjalan secara normal, dengan masih banyaknya barang yang dipercayakan oleh masyarakat untuk dikirim melalui jalur darat.

Anna, pengurus agen bus P.O. Liman yang berada di Jalan W.R. Supratman, Rabu (1/3), mengatakan terjangkaunya harga tiket pesawat mungkin jadi pilihan orang untuk memilih menggunakan transportasi udara daripada darat, seperti Bus untuk bepergian keluar Kota. Apalagi pesawat juga nyaman dan lebih cepat.

Tidak ada perubahan tarif biaya transportasi bus dari tahun lalu hingga saat ini, cuma biasanya saat memasuki masa liburan seperti di akhir tahun dan hari raya lebaran, ada kenaikan tarif karena bus mulai diminati para penumpang, ujar Ana.

Hal yang sama diungkapkan oleh Midawati, pengurus agen bus P.O. Jawa Indah, yang mengatakan kegiatan transportasi bus di Kota Palu ini berjalan normal, muatan antara penumpang dan barang juga seimbang, kami tidak semata-mata mengutamakan barang karena ini bus penumpang, jadi kami berusaha menyeimbangkannya. Dan memang yang ramai itu di saat waktu liburan, seperti menjelang tahun baru dan hari raya lebaran.

Kalau persoalan penggunaan transportasi antar provinsi, memang banyak juga yang lebih memilih menggunakan pesawat dari pada bus, tapi sepertinya kita tidak ada pengaruh harga, kecuali seperti ada kenaikan BBM atau kompetitor lain, itupun kita juga biasanya berkomunikasi dengan pihak Dinas Perhubungan untuk persoalan tarif dan lain sebagainya, kata Mida.

Tarif penumpang Bus Liman, rute Palu-Makassar, dikenakan biaya berkisar Rp.250.000 – Rp.300.000, dan barang atau dokumen Rp.30.000 – Rp.50.000. Sedangkan tarif penumpang Bus Jawa Indah, rute Palu – Manado biayanya Rp.275.000, dokumen Rp. 15.000. Dan untuk tarif barang berat, di masing-masing agen rata-rata menyesuaikan hargany dengan melihat kapasitas dan jenis barangnya.
Transportasi Bus di Kota Palu Sepi Penumpang? Transportasi Bus di Kota Palu Sepi Penumpang? Reviewed by Agung Ramadhan on 10:46 AM Rating: 5

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.