Menilik Bisnis Custom Jeans di Kota Palu


Pakaian berbahan jeans menjadi tren mode yang sangat familiar di kalangan masyarakat dengan memberikan citra kasual bagi para penggunanya. Tak pernah dimakan oleh zaman, pakaian jeans seperti sesuatu yang wajib dimiliki oleh setiap orang.

Dalam hal bisnis, mengcustom jeans sesuai selera fesyen pribadi ternyata menjadi salah satu prospek usaha yang menjanjikan dengan memenuhi kebutuhan para pecinta jeans, apalagi didukung dengan beragamnya kebutuhan mode di masyarakat masa kini.

M. Husain, Manajer dari Makassar Jeans Custom (MJH) cabang Palu, di Jalan Otto Iskandar Dinata, mengatakan konsumen jeans itu ada dari berbagai kalangan. Walaupun kami menyasar pasar anak muda, biasanya juga kami melayani orderan produksi massal. Jumat (3/3/2017).

Custom jeans biasanya menawarkan pembuatan pakaian seperti jaket, celana, kemeja, rompi, rok, dsb. Dengan memilih jenis kain, model dan ukurannya sesuai selera konsumen. Adapun waktu pembuatannya peritem membutuhan 2-3 hari, dengan harga yang berbeda-beda menyesuaikan custom pakaian dan bahan yang dipilih. Selain itu ada juga garansi permak ulang yang diberikan kepada konsumen maupun permintaan permak pakaian.

Di lain pihak, Moh. Arif, Manajer dari Professional Jeans Custom (Pajeco), di Jalan Arif Rahman Hakim, juga menyampaikan kendala dalam bisnis ini sering ada pada proses pengiriman bahan yang memakan waktu hampir sebulan. Apalagi kalau pesanan sedang ramai, kami pun harus pandai memanajemen orderan dan menjaga pelayanan kepada konsumen.

Berdasarkan informasi yang didapatkan dari kedua narasumber, biaya pembuatan pakaian berkisar rata-rata Rp. 230.000 – Rp. 360.000 dengan beragam pilihan modelnya. Saat ini ada kenaikan harga sekitar Rp. 10.000 – Rp. 20.000, dikarenakan biaya bahan dan pengiriman yang juga meningkat dari tahun sebelumnya. 

Adapun skala upgrading bahan baku biasanya dilakukan setiap bulannya, hal itu untuk menawarkan beragam pilihan dan memenuhi banyaknya permintaan konsumen yang biasanya mencapai 100-300 pesanan. Berbeda saat menjelang hari raya atau memasuki pergantian tahun, yang dimana pesanan sering meningkat hingga mencapai 500an dalam sebulan. 

Walaupun terbilang usaha baru dalam 3 tahun, bisnis fesyen ini terus mengalami peningkatan dengan berbagai inovasi model pakaian sesuai kebutuhan konsumen. Diakui oleh MJH maupun Pajeco yang juga saat ini memiliki cabang tempat usaha, telah memanfaatkan penggunaan teknologi informasi sebagai senjata promosi, dimana para konsumen paling banyak terjaring dari kegiatan di media sosial, adapun akun seperti instagram dapat dikunjungi dengan username @mjh.co.palu dan @pajeco.
Menilik Bisnis Custom Jeans di Kota Palu Menilik Bisnis Custom Jeans di Kota Palu Reviewed by Agung Ramadhan on 10:56 AM Rating: 5

No comments:

Jeluang 2014. Powered by Blogger.